Wadahguru.com Lembar Penilaian Portofolio yang harus digunakan untuk para guru agar mengetahui informasi yang didapat dari peseta didik dalam proses pembelajaran, itu merupakan suatu kegiatan penilaian yang dilakukan dengan menggunakan bukti hasil belajar yang relevan dengan kompetensi keahlian yang dipelajari. Hasil belajar itu dapat berupa karya peserta didik dari proses pembelajaran yang dianggap terbaik, atau bentuk informasi lain yang terkait dengan kompetensi keahlian tertentu.
Lembar Penilaian Portofolio
Penilaian juga portofolio merupakan penilaian berkelanjutan yang didasarkan pada kumpulan informasi yang menunjukkan perkembangan kemampuan peserta didik dalam satu periode tertentu. Informasi itu dapat berupa sebuah hasil karya peserta didik dari proses pembelajaran yang dianggap terbaik dari peserta didik.
Penilaian portofolio adalah kegiatan menilai karya peserta didik secara individu pada satu periode untuk suatu mata pelajaran yang diajarkan guru. Akhir suatu priode hasil karya tersebut dikumpulkan dan dinilai oleh guru dan peserta didik. Berdasarkan informasi perkembangan yang didapat dari guru, maka guru dan peserta didik sendiri dapat menilai perkembangan kemampuan peserta didik dan terus melakukan perbaikan. Dengan demikian, portofolio dapat memperlihatkan perkembangan kemajuan belajar peserta didik melalui karyanya, antara lain: karangan, puisi, surat, komposisi, musik.
Lembar Penilaian Portofolio
Lembar Portofolio bisa juga disebut kumpulan hasil karya seorang peserta didik, sebagai hasil pelaksanaan tugas kinerja yang ditentukan oleh guru atau oleh peserta didik bersama guru, sebagai bagian dari usaha mencapai tujuan pembelajar, atau bisa juga pencapai kompetensi yang ditentukan dalam kurikulum sekolah yang telah dibuat dan disepakati dalam tahun pelajaran berjalan. Jadi, tidak setiap kumpulan karya seorang peserta didik disebut portofolio. Portofolio digunakan sebagai instrumen penilaian atau salah satu komponen dari instrumen penilaian, untuk menilai kompetensi peserta didik, atau menilai hasil belajar peserta didik.
Lembar Penilaian Portofolio
Lembar Portofolio peserta didik untuk penilaian merupakan kumpulan produksi peserta didik, yang berisi berbagai jenis karya seorang peserta didik, misalnya:
Hasil proyek, penyelidikan, atau praktik peserta didik, yang disajikan secara tertulis atau dengan penjelasan tertulis.
Gambar atau laporan hasil pengamatan peserta didik, dalam rangka melaksanakan tugas untuk mata pelajaran yang bersangkutan
Analisis situasi yang berkaitan atau relevan dengan mata pelajaran yang bersangkutan
Deskripsi dan diagram pemecahan suatu masalah, pada mata pelajaran yang bersangkutan
Laporan hasil penyelidikan tentang. hubungan antara konsep dalam mata pelajaran atau antar mata pelajaran
Penyelesaian soal-soal terbuka
Hasil tugas pekerjaan rumah yang khas, misalnya dengan cara yang berbeda dengan cara yang diajarkan di sekolah atau dengan cara yang berbeda dari cara pilihan ternan-teman sekelasnya.
Laporan kerja kelompok
Hasil kerja peserta didik yang diperoleh dengan menggunakan alat rekam video, alat rekam audio, dan komputer.
Fotokopi surat piagam atau tanda penghargaan yang pernah diterima oleh peserta didik yang bersangkutan.
Hasil karya dalam mata pelajaran yang bersangkutan, yang tidak ditugaskan oleh guru (atas pilihan peserta didik sendiri tetapi relevan dengan mata pelajaran yang bersangkutan)
Cerita tentang kesenangan atau ketidak senangan peserta didik terhadap mata pelajaran yang bersangkutan
Cerita tentang usaha peserta didik sendiri dalam mengatasi hambatan psikologis, atau usaha peningkatan diri, dalam mempelajari mata pelajaran yang bersangkutan.
Untuk lebih jelasnya contoh lembar portofolio peserta didik dapat diunduh di bawah ini dapat dijadikan refensi para guru demi terciptanya prestasi belajar peserta didik.