Blogroll

Klik show untuk melihat







Back to top
Posted by : Win Go Era Tuesday, April 9, 2019

Apa itu sistem operasi?

Sistem operasi adalah perangkat lunak yang paling penting untuk menjalankan komputer. Fungsinya adalah mengelola memori komputer dan proses-proses yang berjalan di komputer, serta semua perangkat lunak dan perangkat keras. Dengan demikian, Anda dapat berinteraksi dengan komputer tanpa mengetahui bahasa komputer. Tanpa sistem operasi, maka komputer tidak akan berguna.
Mari lihat video di bawah ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang sistem operasi.

Tugas sistem operasi

Sistem operasi bertugas mengelola seluruh perangkat lunak dan perangkat keras pada komputer. Pada suatu waktu, Anda menjalankan beberapa perangkat lunak sekaligus di komputer Anda dan dengan demikian beberapa perangkat lunak tersebut memerlukan akses ke CPU, memori, dan media penyimpanan. Sistem operasi mengatur proses-proses tersebut untuk memastikan setiap perangkat lunak berjalan normal.

Macam-macam sistem operasi

Sistem operasi biasanya sudah terpasang saat Anda pertama kali membeli komputer. Sebagian besar pengguna komputer langsung menggunakan sistem operasi tersebut, tetapi mereka dapat mengubahnya dengan sistem operasi yang lain. Terdapat tiga sistem operasi komputer yang umum digunakan yaitu Microsoft Windows, Mac OS X, dan Linux.
Saat ini, sistem operasi modern telah menggunakan antarmuka pengguna grafis (disebut GUI). Melalui GUI, Anda dapat menggunakan mouse untuk klik ikon, tombol, dan menu. Selain itu, GUI menampilkan semua informasi pada komputer menggunakan kombinasi grafis dan teks.
GUI sistem operasi Windows
Setiap sistem operasi memiliki GUI yang berbeda-beda, maka mungkin Anda membutuhkan waktu beberapa saat untuk beradaptasi dengan GUI yang baru. Sistem operasi modern telah dirancang untuk dapat digunakan dengan mudah dan mayoritas memiliki fitur-fitur dasar yang sama.

Microsoft Windows

Microsoft menciptakan sistem operasi Windows pada pertengahan tahun 1980-an. Sampai hari ini sudah terdapat banyak versi Windows, tetapi versi-versi yang terbaru adalah Windows 10 (dirilis pada tahun 2015), Windows 8 (dirilis pada tahun 2012), Windows 7 (dirilis pada tahun 2009), dan Windows Vista (dirilis pada tahun 2007). Windows sudah terpasang langsung pada komputer-komputer baru sehingga membuatnya menjadi sistem operasi yang populer.
Windows 7
Pelajari panduan kami lebih lanjut tentang Windows Windows Basics dan versi-versi Windows.

Mac OS X

Mac OS adalah sistem operasi yang dibuat oleh Apple. Sistem operasi ini sudah terpasang pada semua komputer Macintosh (disebut Mac) baru. Semua versi Mac OS yang terbaru dikenal sebagai OS X (diucapkan OS Ten), termasuk beberapa versi lainnya seperti El Capitan (dirilis pada tahun 2015), Yosemite (dirilis pada tahun 2014), Mavericks (dirilis pada tahun 2013), Mountain Lion (dirilis pada tahun 2012), dan Lion (dirilis pada tahun 2011) .
Berdasarkan StatCounter Global Stats, pangsa pasar pengguna sistem operasi Mac OS kurang dari 10 persen dari pengguna global sistem operasi. Statistik ini jauh lebih rendah dari persentase pengguna sistem operasi Windows (lebih dari 80 persen). Salah satu penyebabnya adalah bahwa harga komputer Apple cenderung lebih mahal. Namun, banyak orang lebih menyukai tampilan sistem operasi Mac OS X daripada Windows.
Mac OS X Lion
Pelajari tutorial kami tentang OS X Basics dan versi-versi OS X untuk informasi lebih lanjut.

Linux

Linux (diucapkan LINN-ux) adalah jenis sistem operasi open-source, yang kode programnya (source code) dapat dimodifikasi dan didistribusikan oleh siapa saja di seluruh dunia. Sistem operasi Linux berbeda dari sistem operasi Windows yang bersifat proprietary (modifikasi kode program hanya dapat dilakukan oleh perusahaan pencipta Windows). Beberapa keuntungan Linux adalah gratis dan tersedia banyak varian Linux yang dapat Anda pilih sesuai keinginan Anda.
Menurut StatCounter Global Stats, pangsa pasar pengguna sistem operasi Linux kurang dari 2 persen dari pengguna global sistem operasi. Namun, sebagian besar komputer server menggunakan Linux karena relatif mudah untuk dimodifikasi.
Linux Ubuntu
Untuk mempelajari lebih lanjut tentang macam-macam distribusi Linux, maka Anda dapat akses di Ubuntu , Linux Mint, dan Fedora, atau akses di Linux Mint Resources . Untuk daftar yang lebih rinci, Anda dapat mengunjungi di The Best Linux Distributions .

Sistem operasi untuk perangkat mobile

Sistem operasi yang telah kita pelajari sejauh ini dirancang untuk digunakan pada komputer desktop dan laptop. Perangkat mobile (seperti ponsel, komputer tablet, dan pemutar MP3) berbeda dari komputer desktop dan laptop, sehingga mereka menggunakan sistem operasi yang dirancang khusus untuk perangkat mobile. Contoh-contoh dari sistem operasi pada perangkat mobile adalah Apple iOS dan Google Android. Gambar di bawah ini merupakan screenshot sistem operasi iOS pada iPad.
screenshot Apple iOS yang berjalan di iPad
Fitur-fitur sistem operasi pada perangkat mobile umumnya tidak sama persis seperti sistem operasi yang dibuat untuk komputer desktop dan laptop, sehingga perangkat mobile tidak mampu menjalankan semua jenis perangkat lunak yang dapat dijalankan pada komputer dekstop atau laptop. Namun, Anda masih bisa melakukan banyak hal melalui perangkat mobile, misalnya menonton film, browsing, mengelola kalender, dan bermain game.
Untuk mempelajari lebih lanjut tentang sistem operasi perangkat mobile, Anda dapat mempelajarinya di Mobile Devices.

Lesson 9: Memahami Macam-Macam Aplikasi

Apa itu aplikasi ?

Anda mungkin pernah mendengar orang-orang berbicara tentang menggunakan suatu program, aplikasi, atau apps. Namun apa sebenarnya arti program atau aplikasi ? Sebuah aplikasi atau program adalah perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan suatu aktivitas atau tugas yang spesifik. Aplikasi yang digunakan pada komputer desktop atau laptop biasanya disebut aplikasi desktop, sedangkan aplikasi yang digunakan pada perangkat mobile yang disebut aplikasi mobile.
Saat Anda mengoperasikan suatu aplikasi, maka aplikasi tersebut diatur oleh sistem operasi hingga Anda menutupnya. Pada suatu saat, Anda akan mengoperasikan lebih dari satu aplikasi bersamaan (yang disebut dengan istilah multi-tasking).
Mari saksikan video di bawah ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang aplikasi.
App adalah istilah umum untuk aplikasi, terutama untuk aplikasi sederhana yang dapat diunduh gratis atau murah. Tersedia banyak app untuk perangkat mobile dan bahkan televisi.

Aplikasi desktop

Sangat banyak tersedia aplikasi desktop saat ini dan dapat dikategorikan ke dalam beberapa kategori. Beberapa aplikasi desktop mempunyai banyak fitur (seperti Microsoft Word), sedangkan aplikasi dekstop lainnya hanya memiliki satu atau dua fitur (seperti aplikasi jam atau kalender). Berikut ini adalah beberapa contoh aplikasi yang umum digunakan.
  • Aplikasi pengolah kata : Aplikasi ini dapat digunakan untuk menulis surat, merancang brosur, dan membuat dokumen lainnya. Aplikasi pengolah kata yang paling populer adalah Microsoft Word.
    Aplikasi Microsoft Word 2016
  • Aplikasi browser web : Aplikasi ini digunakan untuk menjelajah Internet. Mayoritas komputer baru telah terpasang aplikasi ini, namun Anda juga dapat mengunduh dan memasang aplikasi browser lainnya sesuai keinginan Anda. Contoh aplikasi browser yaitu Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome, dan Safari.
    Aplikasi browser web Google Chrome
  • Aplikasi pemutar media: Jika Anda ingin mendengarkan musik MP3 atau menonton film yang telah Anda unduh, maka Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk menikmatinya. Windows Media Player dan iTunes merupakan aplikasi pemutar media yang populer.
    iTunes
  • Aplikasi permainan (games) : Ada banyak jenis aplikasi permainan yang dapat Anda mainkan di komputer Anda. Beberapa contoh aplikasi ini seperti Solitaire atau Halo. Banyak permainan action membutuhkan sumber daya komputasi, sehingga Anda membutuhkan komputer-komputer versi baru.

Aplikasi mobile

Komputer desktop dan laptop bukan satu-satunya perangkat yang dapat mengoperasikan aplikasi. Anda juga dapat mengunduh aplikasi untuk perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Berikut ini adalah beberapa contoh aplikasi mobile.
  • Gmail: Anda dapat menggunakan aplikasi Gmail untuk menerima dan mengirim e-mail dengan mudah dari ponsel Anda. Aplikasi ini tersedia bagi perangkat Android dan iOS.
  • aplikasi Gmail
  • Instagram: Anda dapat menggunakan Instagram untuk berbagi foto dengan teman dan keluarga Anda. Aplikasi ini tersedia untuk perangkat Androiddan iOS .
  • Duolingo: Dilengkapi dengan kombinasi kuis, game, dan fitur lainnya, Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk mempelajari bahasa baru. Aplikasi ini tersedia untuk perangkat Android dan iOS .
GCFLearnFree.org menawarkan macam-macam aplikasi mobile. Anda dapat mengaksesnya di Mobile Apps untuk mengunduhnya secara gratis.

Memasang (install) aplikasi baru

Setiap perangkat komputer dan mobile telah terpasang beberapa aplikasi built-in, misalnya aplikasi browser web dan pemutar media. Namun, Anda juga dapat memasang aplikasi lainnya sesuai keinginan Anda. Anda dapat mempelajari cara-caranya pada panduan kami di Installing Software on Your Windows PC , Installing Software on Your Mac , dan Free Software.

Lesson 10: Memasang (Menyiapkan) Komputer

Memasang komputer pertama kali

Saat ini Anda telah memiliki komputer baru dan Anda sudah siap untuk memasangnya. Kelihatannya tahap ini rumit, namun sebenarnya lebih mudah dari yang Anda bayangkan ! Mayoritas cara memasang dan mempersiapkan komputer baru memiliki kesamaan walaupun mereknya berbeda-beda.
Jika Anda akan memasang komputer baru yang masih dikemas di dalam kotak, maka biasanya Anda akan menemukan panduan rinci tentang cara memasangnya. Namun jika Anda tidak mendapatkan panduan tersebut, maka Anda dapat mempelajarinya dengan mudah di panduan kami ini. Kami akan membimbing Anda tahap demi tahap untuk mempersiapkan sebuah komputer.
Mari saksian video di bawah ini untuk mempelajari cara-cara mempersiapkan komputer desktop.

Mempersiapkan komputer laptop

Jika Anda memiliki laptop, maka persiapannya sangat mudah yaitu Anda hanya perlu membukanya dan menekan tombol power. Jika baterainya belum dicas, maka Anda harus menyambungkan kabel AC adaptor ke stopkontak. Anda dapat terus menggunakannya walaupun sedang dicas.
mengisi daya baterai laptop
Jika laptop Anda memiliki beberapa perangkat peripheral (misalnya speaker eksternal), maka Anda dapat membaca petunjuknya di bawah ini. Laptop dan desktop umumnya mempunyai port-port yang sama sehingga tahap persiapan keduanya sebagian besar sama.

Mempersiapkan komputer desktop

Langkah pertama

Langkah ini dimulai dengan menegeluarkan monitor dan casing komputer dari kotak. Copot semua penutup plastik atau pita perekat pelindung. Letakkan monitor dan casing komputer di atas meja.
membongkar komputer
Pastikan casing komputer telah diletakkan pada area yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Hal ini akan mencegah komputer overheat (panas berlebihan).

Langkah Kedua

Persiapkan kabel monitor. Terdapat beberapa jenis kabel monitor dan kemungkinan kabel monitor komputer Anda tidak sama seperti gambar di bawah ini.
kabel VGA
Jika Anda kesulitan menemukan kabel monitor, maka Anda dapat melihat instruksi manual komputer Anda. (Jika Anda memiliki komputer all-in-one, maka Anda dapat meloncat ke Langkah 4).

Langkah Ketiga

Sambungkan salah satu ujung kabel monitor ke port monitor di belakang casing komputer dan ujung lainnya ke monitor. Jika Anda menggunakan kabel VGA seperti gambar di bawah ini, maka Anda perlu mengencangkan sekrup pada kabel monitor.
mencolokkan kabel VGA
Banyak kabel komputer yang memerlukan cara pemasangan tertentu. Jika kabel tidak dapat atau susah dicolok, maka sebaiknya Anda jangan memaksakan untuk mencolokkannya karna dapat merusak lubang port nya. Pastikan posisi port dan kabel sejajar, lalu Anda dapat mencoba mencoloknya.
Untuk mengetahui jenis kabel dan port yang sesuai, maka Anda dapat mempelajari panduan interaktif kami di Tombol-Tombol Dan Port-Port Pada Komputer.

Langkah 4

Selanjutnya, Anda dapat memasang keyboard. Namun sebelumnya Anda pastikan apakah colokan keyboard tersebut menggunakan USB (berbentuk persegi panjang) atau / PS/2. Jika keyboard menggunakan konektor USB, maka colokkan konektor tersebut ke salah satu port USB di belakang komputer. Jika keyboard menggunakan konektor PS/2, maka colokkan konektor pada port berwarna ungu di belakang komputer.
mencolokkan kabel usb

Langkah 5

Langkah ini dimulai dengan memasang mouse dan sebelum melakukannya pastikan apakah konektornya menggunakan USB atau PS/2. Jika menggunakan konektor USB, maka colokkan konektor ke salah satu port USB di belakang komputer. Jika menggunakan konektor PS/2, maka colokkan konektor ke port berwarna hijau di belakang komputer.
mencolokkan kabel USB
Jika Anda menggunakan mouse atau keyboard nirkabel (wireless), maka Anda harus menghubungkan dongle Bluetooth (adaptor USB) ke komputer Anda. Namun, sebagian besar komputer memiliki bluetooth built-in sehingga tidak perlu menggunakan dongle tersebut.

Langkah 6

Jika Anda memiliki speaker atau headphone eksternal, Anda dapat menghubungkannya melalui port audio (terletak di depan atau belakang casing komputer). Banyak komputer memiliki port dengan warna tertentu. Speaker atau headphone terhubung ke port berwarna hijau, dan mikrofon terhubung ke port berwarna merah muda. Port berwarna biru adalah port line in, yang dapat digunakan untuk beberapa perangkat tertentu.
mencolokkan speaker
Beberapa jenis speaker, headphone, dan mikrofon memiliki konektor USB. Konektor ini dapat dihubungkan ke semua port USB. Selain itu, sebagian besar komputer telah memiliki speaker atau mikrofon built-in di monitor.

Langkah 7

Carilah dua kabel daya listrik yang sudah termasuk saat Anda membeli komputer Anda. Pasang ujung kabel listrik pertama ke belakang casing komputer dan ujung lainnya ke stavolt. Kemudian pasang ujung kabel listrik kedua ke belakang monitor dan ujung lainnya ke stavolt.
menghubungkan komputer ke stavolt
Anda juga dapat menggunakan UPS sebagai sumber daya listrik sementara saat sumber daya listrik utama padam dan sebagai stavolt.

Langkah 8

Langkah terakhir adalah menghubungkan stavolt ke stopkontak. Tekan saklar stavolt ke posisi ON (jika mempunyai saklar ON/OFF) untuk menyalurkan listrik dari stavolt ke komputer.
mencolokkan stavolt ke stopkontak
Jika Anda tidak memiliki stavolt, Anda dapat menghubungkan langsung kedua kabel daya listrik ke stopkontak. Namun hal ini tidak dianjurkan karena lonjakan arus listrik dapat merusak komputer Anda.

Langkah 9

Jika Anda memiliki printer, scanner, webcam, atau perangkat lainnya, maka Anda dapat menghubungkannya di tahap ini. Banyak peripheral yang sifatnya plug and play, yang berarti dapat langsung digunakan setelah disambungkan ke komputer.
sebuah printer
Peripheral lainnya mungkin memerlukan perangkat lunak atau aplikasi yang harus diinstal terlebih dahulu sebelum dapat digunakan. Bacalah petunjuk instalasi dengan cermat supaya peripheral dapat digunakan dengan baik.
Pada umumnya peripheral adalah perangkat opsional yang dapat Anda gunakan kapanpun. Dengan kata lain, Anda tidak perlu memasang peripheral saat pemasangan awal komputer Anda.

Pemasangan selesai !

Anda telah selesai mempelajari cara memasang komputer baru Anda dan Anda siap menggunakannya ! Kami akan membahas lebih lanjut tentang cara menggunakan komputer Anda pada beberapa panduan selanjutnya.

Lesson 11: Memulai Komputer Anda Pertama Kali

Memulai memakai komputer baru Anda

Komputer lebih dari sekedar alat rumah tangga. Saat ini, jumlah informasi yang dikelola menjadi semakin banyak. Namun Anda dapat menggunakan bantuan komputer untuk mengelola informasi dengan optimal. Mari kita pelajari cara memakai komputer baru Anda.
Cara menghidupkan komputer pertama kali dapat berbeda antara komputer satu dengan komputer lainnya. Kemungkinan langkah-langkah di panduan ini dapat berbeda dengan praktek di komputer yang Anda gunakan saat ini. Anda dapat meminta bantuan orang lain.
Jika Anda menggunakan komputer desktop, maka Anda harus memastikan bahwa keyboard, mouse, dan monitor telah dicolokkan ke casing komputer sebelum Anda melanjutkan panduan ini. Pelajari panduan pemasangan komputer kami di Memasang (Menyiapkan) Komputer.

Menghidupkan komputer

Langkah paling awal yang dilakukan adalah menyalakan komputer. Carilah dan tekanlah tombol power untuk menyalakan komputer. Letak tombol ini dapat berbeda pada beberapa jenis komputer, namun simbol ikonnya biasanya sama (lihat gambar di bawah ini).
Gambar dari ikon tombol power
Setelah Anda menekan tombol power, maka tunggulah beberapa saat sebelum komputer benar-benar telah siap digunakan. Anda mungkin melihat beberapa tampilan flash di monitor. Tampilan ini merupakan tampilan dari proses booting, dan biasanya berlangsung sekitar 15 detik hingga beberapa menit.
Setelah komputer selesai booting, maka komputer dapat langsung digunakan atau membutuhkan login terlebih dahulu. Login merupakan proses identifikasi dari pengguna komputer yang dilakukan dengan mengetik atau memilih profil nama pengguna, lalu dilanjutkan dengan mengetik password. Jika Anda belum pernah login sebelumnya, maka Anda perlu membuat akun.
Sebuah layar login di komputer laptop

Keyboard dan mouse

Media interaksi utama antara komputer dan penggunanya adalah keyboard dan mouse, atau trackpad pada komputer laptop. Memahami cara penggunaan dua perangkat ini merupakan hal yang penting dalam menggunakan komputer. Mayoritas pengguna komputer lebih nyaman meletakkan keyboard bersebelahan dengan mouse di atas meja di depan mereka.
Posisi tangan pada keyboard di depan komputer
Mouse digunakan untuk menggerakkan kursor pointer di monitor Anda. Setiap kali Anda menggeser mouse di meja Anda, maka kursor pointer di monitor juga akan bergerak dengan arah yang sama. Sebuah mouse biasanya memiliki dua tombol, yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Anda berinteraksi dengan komputer melalui mouse yang Anda gerakkan untuk memilih suatu objek di monitor dan klik salah satu tombol mouse.
Posisi tangan saat mengendalikan kursor mouse di monitor
Pada laptop, Anda menggunakan trackpad yang terletak di bawah keyboard. Cukup geser jari Anda di trackpad untuk menggerakkan kursor pointer di monitor. Beberapa trackpad tidak memiliki tombol, sehingga Anda perlu menekan atau tap trackpad untuk fungsi klik.
Posisi tangan klik trackpad
Keyboard digunakan untuk mengetik huruf, angka, dan simbol-simbol lainnya ke komputer. Setiap kali Anda melihat garis tegak berkedip (disebut kursor), maka Anda dapat mulai mengetik.
Sebuah kursor berkedip di address bar pada browser
Perhatikan bahwa mouse juga mempunyai kursor, tetapi bentuknya berbeda. Kursor keyboard juga disebut insertion point.

Menggunakan komputer

Layar utama komputer adalah layar desktop. Layar ini merupakan menu utama. Melalui layar desktop, Anda dapat mengakses aplikasi dan fitur-fitur lainnya di komputer Anda.
Ikon digunakan sebagai penanda unik dari berbagai macam berkas, aplikasi, dan instruksi pada komputer Anda. Ikon berupa gambar kecil yang bertujuan sebagai simbol (logo) representasi unik dari berkas, aplikasi, atau sesuatu di komputer. Dobel klik pada suatu ikon akan membuka suatu aplikasi atau berkas.
Ikon pada desktop
Sebuah tombol merupakan sekelompok instruksi untuk melakukan fungsi-fungsi tertentu pada sebuah aplikasi. Fungsi-fungsi yang sering digunakan pada suatu aplikasi akan ditampilkan dalam bentuk tombol.
Kursor mouse di atas tombol
Menu merupakan kumpulan dari beberapa instruksi dan tombol pintas (shortcut). Klik menu yang Anda inginkan untuk menampilkan jenis-jenis shortcut dan submenu di dalamnya. Lalu klik shortcut atau submenu tersebut untuk menjalankannya.
Kursor mouse di atas menu
Jika Anda membuka aplikasi atau folder, maka keduanya akan ditampilkan pada jendela (window) sendiri. Sebuah jendela (window) adalah suatu area yang berisi kumpulan fitur atau menu dari menu induk. Anda dapat mengelola penataan beberapa jendela di desktop dan beralih di antaranya.
Beberapa jendela pada desktop

Apa yang dapat saya lakukan selanjutnya ?

Panduan ini merupakan panduan dasar menggunakan komputer. Pada panduan kami selanjutnya, kami akan membahas bagaimana menggunakan sistem operasi di komputer Anda.

Lesson 12: Mengenal Sistem Operasi

Mengenal sistem operasi komputer Anda

Sekarang Anda sudah paham dasar-dasar pemakaian komputer, dan sekarang saatnya untuk mempelajari lebih lanjut tentang sistem operasi di komputer Anda. Kami akan membahas dua sistem operasi yang umum digunakan dalam panduan ini yaitu Microsoft Windows dan Mac OS X.
Mari lihat video di bawah ini untuk mempelajari dasar-dasar sistem operasi Windows.
Mari lihat video di bawah ini untuk mempelajari dasar-dasar sistem operasi Mac OS X.

Mengenal tampilan antarmuka

Kedua komputer PC dan Mac menggunakan tampilan antarmuka grafis (GUI), dan masing-masing memiliki ciri khas. Figur interaktif di bawah ini akan memperkenalkan Anda pada sistem operasi Windows dan Mac.
Klik tombol-tombol interaktif di bawah ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang GUI Windows.
tampilan desktop pada Windows
Klik tombol-tombol interaktif di bawah ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang GUI Mac OS X.
tampilan desktop pada OS X
Jika Anda memiliki kesulitan melihat atau mendengar atau menggerakkan mouse atau keyboard, maka telah tersedia banyak pengaturan yang dapat membantu Anda agar lebih mudah memakai komputer. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang fitur ini, maka Anda dapat mempelajarinya di Menggunakan Fitur-Fitur Aksesibilitas .

Mengelola berkas-berkas di komputer Anda

Apapun jenis sistem operasi yang Anda gunakan, komputer menggunakan folder untuk mengelola semua jenis berkas dan aplikasi yang ada di dalamnya. Ikon folder di komputer Anda dirancang untuk tampak sesuai dengan berkas yang ada di dalamnya.
Folder di desktop
Masing-masing sistem operasi memiliki sistem pengaturan berkas yang berbeda yang memudahkan Anda mengelola folder dan berkas. Jika komputer Anda terpasang sistem operasi Windows, maka Anda akan menggunakan aplikasi Manajer File (yang dikenal sebagai Windows Explorer). Jika Anda menggunakan komputer Mac, maka Anda akan menggunakan aplikasi Finder. Pada panduan ini, kami akan membahas fungsi-fungsi dasar yang umum digunakan pada semua sistem pengelolaan berkas komputer.
Untuk mengetahui lebih banyak tentang sistem pengaturan berkas pada komputer Mac, maka Anda dapat mempelajarinya di Working with Filespada panduan OS X Basics. Untuk mengetahui lebih banyak tentang sistem pengaturan berkas pada komputer PC, maka Anda dapat meninjaunya di Working with Files pada panduan Windows Basics.

Membuka berkas di komputer Anda

Ikon Manajer File terletak di pojok kiri bawah tampilan layar komputer baik pada komputer PC atau Mac. Pada komputer PC, ikon Windows Explorer tampak seperti folder (seperti gambar di bawah ini).
screenshot dari Windows 8
Pada komputer Mac, ikon Finder tampak seperti wajah pada Dock (gambar di bawah ini).
screenshot dari OS X
Pada kedua sistem operasi di atas, Anda juga dapat mengelola berkas melalui akses folder di desktop komputer.

Teknik navigasi dasar

Teknik atau cara navigasi pada Windows Explorer atau Finder memiliki cara kerja yang serupa. Klik dua kali pada berkas yang Anda inginkan dengan mouse Anda. Cara lainnya yaitu melalui panel navigasi pada sisi kiri Windows Explorer untuk berpindah lokasi yang diinginkan.
screenshot dari Windows 8

Menghapus berkas

Sistem operasi OS X dan Windows menggunakan fitur Trash atau Recycle Bin sebagai media penampungan sementara dari berkas-berkas yang Anda hapus sebelum Anda hapus secara permanen. Saat Anda menghapus berkas, maka berkas itu akan dipindahkan ke Trash. Jika Anda ingin mengambil kembali berkas itu, maka Anda dapat memindahkan berkas ke lokasi semula.
memindahkan berkas ke recycle bin
Jika Anda ingin menghapus berkas secara permanen, maka Anda hanya perlu mengosongkan Trash atau Recycle Bin. Klik kanan ikon Trash atau Recycle Bin, lalu tekan Empty.
mengosongkan recycle bin

Membuka berkas dan aplikasi

Setiap aplikasi yang terpasang di komputer memiliki kumpulan berkas yang dapat dibuka. Ketika Anda klik dua kali pada sebuah berkas, maka komputer secara otomatis akan membukanya melalui aplikasi yang sesuai dengan format berkas tersebut. Pada contoh ini, berkas yang dibuka adalah dokumen Microsoft Word (Chicago Trip Details), yang akan terbuka melalui aplikasi Microsoft Word.
membuka berkas
Namun, ada kalanya Anda ingin membuka aplikasi.
  • Untuk membuka aplikasi di Windows, maka klik tombol Start, lalu pilih aplikasi yang Anda inginkan. Jika Anda tidak menemukan aplikasi yang Anda inginkan, maka klik All Programs / All Apps untuk melihat daftar lengkap aplikasi atau ketikkan nama aplikasi melalui keyboard untuk mencarinya. Pada gambar di bawah ini, mouse sedang menunjuk aplikasi Internet Explorer.
    membuka internet explorer
  • Untuk membuka aplikasi pada komputer Mac, klik ikon aplikasi yang diinginkan pada Dock. Jika Anda tidak menemukan ikon aplikasi yang Anda inginkan, maka klik ikon Spotlight di pojok kanan atas layar, kemudian ketik nama aplikasi melalui keyboard untuk mencarinya. Pada gambar di bawah ini, mouse sedang menunjuk aplikasi Safari.
    membuka Safari di dock

Menyetel pengaturan komputer

Saat Anda mulai menggunakan komputer baru, maka Anda dapat mengakses menu pengaturan untuk menyesuaikan fitur-fitur pada komputer sesuai kebutuhan Anda. Menyesuaikan pengaturan berkisar dari tugas-tugas sederhana seperti mengubah gambar latar belakang desktop hingga tugas-tugas yang lebih kompleks seperti menyesuaikan pengaturan keamanan atau keyboard.
  • Pada sistem operasi Windows 10, klik tombol Start, kemudian pilih Settings.
    membuka aplikasi Pengaturan pada Windows 10
  • Pada sistem operasi Windows 8.1 dan sebelumnya, klik tombol Start, kemudian cari dan pilih Control Panel. Anda dapat meninjau kembali tentang menu Control Panel di Adjusting Your Settings pada panduan kami tentang Windows Basics.
    membuka Control Panel
  • Pada komputer Mac, klik ikon Apel, lalu pilih menu System Preferences. Anda dapat membaca kembali tentang menu System Preferences di Adjusting Your Settings pada panduan kami tentang OS X Basics.
    Membuka System Preferences

Mematikan komputer

Saat Anda selesai menggunakan komputer, maka Anda harus mematikannya dengan cara yang benar.
  • Untuk mematikan komputer Windows, maka klik tombol Start, lalu klik Shut down (ikon saklar I/O atau Turn Off Computer pada beberapa versi Windows yang lain).
    screenshot dari Windows 7
  • Untuk mematikan komputer Mac, klik ikon Apel, lalu klik Shut Down.
    Mematikan Mac OS X

Lesson 13: Terhubung Ke Internet

Bagaimana cara terhubung ke internet ?

Setelah Anda selesai mengatur komputer Anda, maka Anda ingin menghubungkannya dengan layanan internet di rumah sehingga Anda dapat mengirim dan menerima email, browsing Web, video streaming, dan masih banyak lagi. Atau Anda ingin menikmati layanan internet nirkabel di rumah (atau yang dikenal sebagai Wi-Fi) sehingga Anda dapat menyambungkan beberapa perangkat komputer ke Internet pada waktu bersamaan.
Mari lihat video di bawah ini untuk memahami cara menghubungkan komputer ke Internet.

Macam-macam layanan internet

Jenis layanan internet yang dapat Anda pilih tergantung pada penyedia jasa layanan Internet (ISP) di sekitar Anda. Berikut ini adalah beberapa jenis layanan Internet yang umum.
  • Dial-up: Layanan ini merupakan layanan internet yang kecepatannya paling lambat, dan Anda sebaiknya tidak menggunakannya kecuali layanan ini adalah satu-satunya layanan yang tersedia di wilayah Anda. Dial-up menggunakan saluran telepon Anda, jadi Anda tidak dapat menggunakan telepon dan internet bersamaan kecuali Anda memiliki beberapa saluran telepon.
  • DSL: Layanan ini menggunakan koneksi broadband dimana kecepatannya jauh lebih cepat daripada layanan dial-up. DSL terhubung ke Internet melalui saluran telepon, tetapi tidak mengharuskan Anda memasang telpon di rumah. DSL berbeda dengan dial-up yaitu Anda dapat menggunakan Internet dan telepon Anda pada waktu yang bersamaan.
  • Kabel: Layanan ini terhubung ke Internet melalui kabel TV, meskipun Anda tidak perlu memiliki TV untuk menggunakannya. Layanan ini juga menggunakan koneksi broadband dan lebih cepat dari dial-up dan DSL; namun layanan ini dapat digunakan jika di wilayah Anda telah terpasang jaringan kabel TV.
  • Satelit: Koneksi satelit juga menggunakan broadband tetapi tidak membutuhkan kabel atau saluran telepon; namun melalui satelit yang mengorbit bumi. Dengan demikian, layanan ini dapat digunakan hampir di mana saja tetapi dapat dipengaruhi oleh kondisi cuaca. Koneksi satelit biasanya lebih lambat daripada layanan DSL atau kabel.
  • 3G dan 4G: layanan 3G dan 4G ini paling sering digunakan di ponsel yang terhubung secara nirkabel melalui jaringan seluler Anda. Namun, jenis layanan ini tidak secepat DSL atau kabel. Penyedia layanan ini juga membatasi jumlah pemakaian data yang digunakan setiap bulan, yang berbeda dengan sebagian besar layanan broadband.

Memilih penyedia layanan internet

Sekarang Anda sudah mengetahui tentang berbagai jenis layanan Internet dan Anda dapat menanyakan layanan-layanan mana yang disediakan oleh penyedia ISP di wilayah Anda. Jika Anda kesulitan memulainya, sebaiknya Anda bertanya kepada teman-teman, anggota keluarga, dan tetangga Anda tentang ISP yang mereka gunakan. Hal ini biasanya akan memberi Anda rekomendasi jenis layanan Internet yang tersedia di wilayah Anda. 
Kebanyakan ISP menawarkan beberapa macam layanan internet yang kecepatannya diukur dalam Mbps (singkatan dari megabit per detik). Jika Anda ingin menggunakan Internet terutama untuk akses email dan jejaring sosial, maka kecepatan koneksi sekitar 2 sampai 5 Mbps sudah cukup. Jika Anda ingin mengunduh musik atau streaming video, maka Anda sebaiknya menggunakan koneksi internet yang lebih cepat (minimal 5 Mbps atau lebih tinggi).
Selain kecepatan, Anda sebaiknya juga mempertimbangkan beberapa faktor lainnya seperti biaya instalasi dan biaya bulanan. Pada umumnya, semakin cepat koneksi internet maka semakin mahal biayanya. 
Meskipun layanan dial-up memiliki kecepatan lambat, sebagian besar ISP telah menaikkan biaya layanan dial-up sama dengan layanan broadband. Hal ini dimaksudkan untuk mendorong pengguna beralih ke layanan broadband. Kami tidak menyarankan layanan dial-up kecuali layanan itu satu-satunya yang tersedia di wilayah Anda.

Perangkat keras yang dibutuhkan

Modem

modem broadband
Setelah Anda memiliki komputer, maka Anda tidak membutuhkan banyak perangkat keras tambahan untuk terhubung ke Internet. Perangkat utama yang Anda butuhkan adalah modem.
Jenis layanan Internet yang Anda akan gunakan juga akan menentukan jenis modem yang Anda gunakan. Koneksi dial-up menggunakan modem telepon, koneksi DSL menggunakan modem DSL, koneksi kabel menggunakan modem kabel, dan lkoneksi satelit menggunakan adaptor satelit. ISP yang Anda pilih dapat memberikan modem sekaligus (biasanya dikenakan biaya tambahan) saat Anda telah menandatangani kontrak pembelian layanan internet. Namun jika Anda ingin membeli modem sendiri, maka Anda dapat memilih untuk membeli layanan internet saja.

Router

router nirkabel
Router adalah perangkat keras yang digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer dan perangkat lainnya ke koneksi internet tunggal. Mayoritas router adalah nirkabel, yang dapat Anda gunakan untuk membuat jaringan nirkabel di rumah (atau dikenal sebagai jaringan Wi-Fi).
Anda tidak harus membeli router supaya dapat terhubung ke Internet. Anda dapat langsung menghubungkan komputer ke modem menggunakan kabel Ethernet. Sebagian besar modem sudah memiliki fitur router built-in, sehingga Anda dapat membuat jaringan Wi-Fi tanpa perlu membeli perangkat tambahan.

Pengaturan koneksi internet Anda

Setelah Anda membeli layanan internet dari ISP pilihan Anda, maka pada umumnya mereka akan mengirim teknisi ke rumah Anda untuk mengaktifkan koneksi internet. Jika tidak demikian, maka Anda dapat mengikuti panduan yang disediakan oleh ISP (atau sudah termasuk dengan panduan modem) untuk mengatur koneksi Internet Anda.
Setelah Anda selesai mengatur semuanya, maka Anda dapat membuka browser web dan mulai menggunakan Internet. Jika Anda mengalami kendala dengan koneksi internet Anda, maka Anda dapat menghubungi nomor telepon ISP.

Jaringan internet di rumah Anda

Jika Anda memiliki beberapa komputer di rumah dan ingin menggunakan semuanya untuk mengakses Internet, maka Anda dapat membuat jaringan internet nirkabel di rumah Anda (dikenal sebagai jaringan Wi-Fi). Semua perangkat di rumah Anda terhubung ke router yang terhubung ke modem. Dengan demikian, setiap orang di rumah Anda dapat menggunakan Internet bersamaan.
Teknisi ISP Anda mungkin dapat membantu membuat jaringan Wi-Fi saat memasang layanan Internet Anda. Jika tidak demikian, Anda dapat mempelajari panduan kami tentang langkah-langkah membuat jaringan Wi-Fi di How to Set Up a Wi-Fi Network
Jika Anda ingin menghubungkan komputer yang tidak memiliki fitur Wi-Fi built-in, Anda dapat membeli adaptor Wi-Fi yang dihubungkan ke port USB komputer Anda.

Lesson 14: Memulai Menggunakan Internet

Memulai menggunakan internet

Internet adalah jaringan miliaran komputer dan perangkat elektronik lainnya di seluruh dunia yang saling terhubung. Internet menyediakan akses ke segala informasi dan komunikasi ke semua orang di dunia. Anda dapat melakukan semuanya ini melalui komputer Anda.

Terhubung ke internet

Sebuah perangkat harus terhubung ke internet sebelum dapat diakses. Jika Anda berencana untuk menggunakan internet di rumah, maka biasanya Anda membeli koneksi internet dari perusahaan penyedia layanan internet (seperti perusahaan telepon, perusahaan televisi, atau pemerintahan). Perangkat lainnya biasanya terhubung melalui Wi-Fi atau koneksi internet seluler. Kadangkala perpustakaan, kafe, dan sekolah menawarkan Wi-Fi gratis bagi pengunjung, pelanggan, dan siswanya.
Komputer terhubung ke internet secara nirkabel
Jika Anda belum paham bagaimana menyambungkan perangkat ke internet, maka Anda dapat mempelajarinya di sini , atau Anda dapat bertanya pada orang lain.

Browsing Web (Jelajah Web)

Sebagian besar informasi di internet berada di website (situs web). Setelah Anda tersambung ke Internet, maka Anda dapat mengakses situs web menggunakan aplikasi yang disebut browser.
Sebuah website adalah kumpulan dari teks, gambar, dan media lainnya. Website dapat menyerupai media lainnya (seperti koran atau program televisi) atau lebih interaktif. Situs web dapat digunakan hampir pada semua aspek : media berita, iklan, perpustakaan online, forum untuk berbagi gambar, atau situs pembelajaran seperti kami !
Seseorang sedang menjelajah situs web GCFLearnFree.org
Sebuah browser dapat Anda gunakan untuk mengakses situs web. Browser hanya perangkat lunak dan bukanlah internet, yang berfungsi menampilkan informasi di internet. Setiap website memiliki alamat (URL) yang unik. Anda dapat mengakses situs web dengan mengetikkan alamat tersebut pada browser dan browser akan menampilkan informasi dari situs web itu.

Navigasi situs web

Di dalam situs web banyak tersedia link ke situs web yang lain (yang disebut hyperlink). Link ini merupakan bagian informasi dari sebuah situs web. Link ini biasanya berwarna biru, dan kadang-kadang digarisbawahi atau cetak tebal. Jika Anda klik teks hyperlink, maka browser akan menampilkan informasi dari situs web sesuai hyperlink tersebut. Penulis web menggunakan hyperlink untuk menghubungkan dengan informasi lain yang relevan. Hyperlink ini merupakan salah satu fitur yang paling unik dari internet yang sudah ada sejak lama (dikenal dengan istilah World Wide Web).
Setiap situs web memiliki alamat yang unik (disebut URL). Anda dapat memperhatikan ketika Anda klik sebuah hyperlink, maka browser akan membuka tab baru yang URL nya sama dengan URL yang tertera di hyperlink tersebut. Jika Anda mengetik URL di kotak isian alamat URL (terletak di atas) browser, lalu menekan tombol Enter, maka browser Anda akan membuka halaman baru sesuai dengan URL tersebut. Langkah ini sama seperti menyuruh browser untuk menuju sebuah alamat situs web di internet.
Sebuah mesin pencari dan hasil pencarian yang relevan.
Saat Anda sedang mencari informasi spesifik di internet, maka Anda dapat menggunakan bantuan mesin pencari. Mesin pencari adalah situs web khusus yang dirancang untuk membantu Anda menemukan alamat situs-situs web lainnya. Jika Anda mengetik kata kunci atau frase tertentu pada mesin pencari, maka mesin tersebut akan menampilkan daftar situs-situs web sesuai dengan kata kunci yang Anda ketikkan.

Hal-hal lainnya yang dapat Anda lakukan melalui internet

Salah satu fitur yang bermanfaat dari internet adalah fitur untuk berkomunikasi kapanpun dengan siapapun di dunia . E-mail adalah salah satu fitur yang telah lama digunakan sejak internet muncul yang dapat dipakai untuk berkomunikasi dan berbagi informasi ke semua orang di dunia yang terhubung ke internet. Media sosial dapat digunakan untuk membuat komunitas online.
Orang-orang berkomunikasi melalui internet.
Masih banyak hal lainnya yang dapat Anda lakukan melalui internet. Ada ribuan situs web informatif seperti berita atau berbelanja online. Anda dapat membayar tagihan, mengelola rekening bank, bertemu orang-orang baru, streaming video , atau mempelajari ketrampilan-ketrampilan baru. Semuanya itu dapat Anda lakukan melalui situs web.

Sumber informasi lainnya

Lesson 15: Memahami (Teknologi) Awan

Apa itu teknologi awan ?

Anda mungkin pernah mendengar orang-orang menggunakan istilah awan, komputasi awan, atau penyimpanan di awan. Nah, apa sebenarnya awan ?
Definisi paling sederhana yaitu awan adalah internet. Definisi lain yang lebih spesifik yaitu semua aktivitas yang dapat Anda lakukan dengan perangkat yang terhubung ke internet. Ketika sesuatu berada di awan, maka sesuatu itu disimpan di komputer server yang terhubung ke internet dan bukan disimpan di hardisk komputer Anda.
Mari lihat video di bawah ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang awan.

Mengapa menggunakan teknologi awan ?

Beberapa alasan utama menggunakan awan adalah kenyamanan dan keandalan. Sebagai contoh, saat Anda menggunakan aplikasi email berbasis web (seperti Gmail atau Yahoo Mail) maka Anda sebenarnya telah menggunakan teknologi awan. Semua email Anda tidak disimpan di hardisk komputer Anda, melainkan disimpan di komputer server. Dengan demikian, Anda dapat mengakses email dari komputer manapun yang telah terhubung dengan internet. Selain itu, Anda tidak akan kehilangan email Anda jika terjadi kerusakan pada komputer Anda.
Gmail
    Mari kita pelajari beberapa alasan umum menggunakan awan. 
    • Kapasitas penyimpanan: Anda dapat menyimpan apapun di awan, termasuk berkas dan email. Hal ini berarti Anda dapat mengakses penyimpanan Anda dari komputer atau perangkat mobile yang terhubung internet. Dropbox dan Google Drive adalah penyedia layanan penyimpanan awan yang populer.
    • Berbagi (sharing) berkas: Teknologi awan memudahkan Anda untuk berbagi berkas dengan pengguna internet yang lain kapanpun. Sebagai contoh, Anda dapat menggugah (upload) beberapa foto ke penyedia layanan foto berbasis awan seperti Flickr atau iCloud Photos , kemudian dapat Anda bagikan dengan cepat kepada teman dan keluarga Anda.
    • Pencadangan (back-up) data: Anda juga dapat menggunakan awan untuk mencadangkan berkas-berkas Anda. Aplikasi seperti Mozy dan Carbonitesecara otomatis mencadangkan data-data Anda ke awan. Jika komputer Anda hilang, dicuri, atau rusak maka Anda masih dapat mengelola berkas-berkas Anda yang tersimpan di awan.
    pencadangan berkas melalui aplikasi Mozy

    Apa itu aplikasi web?

    Sebelumnya, kita sudah membahas tentang aplikasi-aplikasi yang digunakan pada komputer dekstop untuk membantu tugas-tugas Anda. Tetapi telah tersedia aplikasi web (atau web apps) yang menggunakan teknologi awan sehingga aplikasi ini tidak perlu di-instal di komputer Anda. Banyak situs web penyedia layanan aplikasi web yang populer di Internet. Mungkin Anda telah menggunakan aplikasi-aplikasi web tanpa Anda sadari ! Mari kita pelajari beberapa aplikasi web yang populer di bawah ini.
    • Facebook : Facebook dapat Anda gunakan untuk membuat profil online dan berinteraksi dengan sesama pengguna Facebook lainnya. Pembaruan profil dan percakapan dilakukan setiap saat, sehingga Facebook menggunakan teknologi aplikasi web untuk menyajikan informasi terbaru.
      Facebook
    • Pixlr : Pixlr adalah aplikasi web untuk editing gambar yang berjalan di browser web Anda. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur yang serupa dengan Adobe Photoshop, seperti koreksi warna dan alat sharpening.
       Editor Pixlr
    • Google Docs : Google Docs adalah sebuah aplikasi pengolah dokumen yang berjalan di browser Anda. Aplikasi ini mempunyai banyak fitur yang serupa dengan Microsoft Office Word, seperti membuat dokumen baru, spreadsheet, presentasi, dan lain-lain. Berkas-berkas yang dibuat dengan aplikasi Office Google ini mudah dibagikan dengan orang lain karena disimpan pada teknologi awan.
    Google Docs

    - Copyright © WINNER UP - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Cs-Qren -