Welcome To WINNER PRENEUR

Blogroll

Klik show untuk melihat







Back to top

Contoh Berita Acara Serah Terima Tanah

Author : Win Go Era Comments : 0

Cara Mengerjakan Akuntansi Dengan Excel (Spreadsheet) | Akuntansi

 

Cara Mengerjakan Akuntansi Dengan Excel (Spreadsheet)

1. Neraca = - Aset
                       Total Asset Lancar + Total Asset tetap (SUM)
                   - Kewajiban Dan ekuitas
                       Total Kewajiban Lancar + Total Modal (SUM)



2.  Daftar Akun = Menuliskan Daftar" Akun Yang Ada di Neraca Lalu Menambahkan Jumlah
                            Saldo  Kredit Dan Debit Dengan Cara :
       (="Pindah Tab Ke Neraca Awal "Pilih Jumlah Sesuai Akun") Dijumlahkan Dengan (SUM) dipaling Akhir.

3.  Jurnal Umum = Tanggal Dan Nomor Bukti Ditulis Manual, Keterangan DUA KOLOM Diisikan rumus :
          >>> =IF(AND(G9>0;H9>0;I9=0);(VLOOKUP(G9;AKUN;2;FALSE));(IF(AND(G9>0;H9=0;I9>0);"7 Kali Spasi"&"1 Kali Spasi"&(VLOOKUP(G9;AKUN;2;FALSE));0)))
        
 Lalu Ditarik Kebawah... Maka keterangan Akan terisi sendiri dengan mengisikan nomor akun dan jumlah saldo saja
         
Ket : G9= Nomor akun H9= saldo debit I9= Saldo Kredit << Ketiganya Tergantung Letak atau cells yang ditempati
Jumlahkan Kembali dengan (SUM)






4. Membuatkan Name Box = Memblock jumlah atau akun yang ingin dibuatkan (Akun , 
     Ju Debit, Ju Kredit ,AJP debit , AJP Kredit , Nomor Akun Ju , No.Akun Ajp)
   MemFreeze Judul     = View > Freeze Panes > Klik Batas Judul


5. Buku Besar    = - Nama Akun diisikan Rumus =VLOOKUP(I6;AKUN;2;FALSE) 
Ket : Kata Akun Diambil Dari Name Box yang dibuat sebelumnya
          - Kemudian Penentuan Akun tersebut Akun Debet ataupun Kredit yaitu Dngan Rumus    =VLOOKUP(I6;AKUN;3;FALSE)
   Ket :  Nomor 2 Atau 3 Pada Rumus Lihat Kembali di kolom keberapa akun tersebut berada
               I6 pada Rumus adalah menunjukkan Nomor akun yang diisi sebelumnya dibuku besar.
          - Jumlah Debit diisikan Dengan rumus =SUMIF(JU_NO.AKUN;I6;JU_DEBET)


          - Jumlah Kredit Diisikan Dengan Rumus =SUMIF(JU_NO.AKUN;I6;JU_KREDIT)


            Ket : Ju_No.AKUN Ataupun Ju Kredit Dan Debet Pada rumus adalah Name Box Yang Dbuat sebelumnya terserah Dengan Kemauan Nama Apa yang Ingin Diberikan


          - Saldo debit diisi dengan rumus =IF(E6="d";(VLOOKUP(I6;AKUN;4;FALSE));0)


          - Saldo Kredit Diisi Dengan Rumus =IF(E6="k";(VLOOKUP(I6;AKUN;5;FALSE));0)


            Ket : Nmor 4 Dan 5 Pada Rumus saldo Debit dan Kredit adalah lihat kembali pada sheet Akun dikolom berapa jumlah saldo debit maupun kredit berada


          - cara Mengisikan saldo Kedua yaitu dengan rumus =IF(AND(E6="d";E10>0);(H9+F10-G10);0)


             Ket : E6= Nmor Akun E10= REF H9 = Saldo Awal F10= jumlah debit G10= Jumlah Kredit
         

 Jika Ingin membuat buku besar lebih banyak lagi maka Copy saja buku besar yang telah dibuat sebelumnya
          tinggal mengganti nomor akun maka otomatis akan terisi sendiri jumlah saldo debit, kredit dan lainnya





6. Jurnal Penyesuaian :
Tanggal Dan Nomor Bukti Ditulis Manual, Keterangan DUA KOLOM Diisikan rumus :
    =IF(AND(G9>0;H9>0;I9=0);(VLOOKUP(G9;AKUN;2;FALSE));(IF(AND(G9>0;H9=0;I9>0);"7 Kali Spasi"&"1 Kali Spasi "&(VLOOKUP(G9;AKUN;2;FALSE));0)))
        
 Lalu Ditarik Kebawah... Maka keterangan Akan terisi sendiri dengan mengisikan nomor akun dan jumlah saldo saja
         
Ket : G9= Nomor akun H9= saldo debit I9= Saldo Kredit << Ketiganya Tergantung Letak atau cells yang ditempati
Jumlahkan Kembali dengan (SUM)

7.  Neraca Lajur = No. Akun , Nama Akun Diisi Manual
          

 - Di Neraca Saldo Cara Mengisikan Baik Kredit Maupun Debit Yaitu Dengan =BB!H10 (=) Lalu Ke Tab Buku besar Dan Pilihkan Jumlah Lalu Enter
          

- Di Kolom Penyesuaian diisikan dengan Rumus =SUMIF(AJP_NO.AKUN;B10;AJP_DEBET) dan jika Kredit =SUMIF(AJP_NO.AKUN;B10;AJP_KREDIT)
            

Ket : AJP_No.Akun = Name Box Yang Dibuat Sebelumnya B10 = No. Akun di Neraca Lajur AJP_DEBET dan AJP KREDIT = Name Box Yang dibuat sebelumnya
          

- Neraca saldo disesuaikan diisi dengan rumus =SUM(D10+F10)-(E10+G10) Jika Kredit dibalik menjadi (E10+G10)-(D10+F10)
            

Ket : D10= Debit Neraca saldo F10= Debit Penyesuaian Dikurangi E10= Kredit Neraca Saldo G10= Kredit Penyesuaian
          

- Memasukkan Yang Mana Akun Laba/Rugi Dan Yang Mana Akun Neraca Dengan Cara (=) Lalu klik jumlah di NS Disesuaikan dan Enter
          

- Jumlah, Laba Bersih ataupun Rugi Bersih Dan total Memakai (SUM) saja


 
Author : Win Go Era Comments : 0

Cara Mengoperasikan Paket program Pengolah Angka/ Spreadsheet (Ms. Excel) | Perkantoran

       Dari berbagai jenis program pengolah angka, Paket Program Pengolah Angka/ Spreadsheet yang lebih dikenal dan cukup banyak digunakan sampai saat ini oleh banyak kalangan perusahaan, Instansi serta didunia pendidikan adalah program Microsoft Excel. Karena program ini cukup mudah dalam pengoperasiannya.

A. Memulai Program Pengolah Angka/ Spreadsheet

  • Pastikan program Microsoft Excel sudah terinstal.
  • Klik tombol Start 
  • Pilih Program Microsoft 
  • Selanjutnya double klik Office Excel



       Selanjutnya akan ada tampilan berikut
Tampilan workbook Microsoft Excel
      Keterangan:
  • Office Button = Tombol perintah: New, Open, Save As, Print
  • Titel Bar = Nama file yang aktif
  • Kontrol Jendela = Tombol untuk menutup program aplikasi
  • Menu Bar = Menu pulldown yang berisi icon tombol, seperti didalam menu Home terdapat: Clipboard, Font, Alignment
  • Toolbar = Seperangkat icon tombol untuk mempercepat operasi
  • Ribbon = Toolbar beberapa group yang terdiri beberapa perintah seperti: Home, Insert, Page layout, Formula, Data, review dan view
  • Quick Access Toolbar = Tombol cepat dan dapat ditambah atau dikurangi sesuai dengan kebutuhan
  • Name Box = Menampilkan lokasi atau nama dari sel yang dipilih
  • Formula Bar = Untuk tempat penulisan formula
  • Row (Baris) = Sekelompok sel berjejer dari sisi kiri halaman ke kanan. Dalam Excel, baris diidentifikasi oleh nomor 
  • Column (Kolom) = Sekelompok sel berjejer dari halaman ke bawah. Pada Excel, kolom diidentifikasi oleh huruf.
  • Sel = Pertemuan antara baris dan kolom, seperti A1 berada di kolom A baris ke 1 akan terlihat pada Name Box
  • Tabulasi Sheet = Lembar kerja atau lembar halaman
  • Insert Worksheet = Menambahkan lembar kerja atau halaman
  • Status Bar = Mengetahui Status lembar  kerja aktif
  • View Mode = Melihat tampilan lembar kerja
  • Zoom Slider = Memperbesar dan memperkecil tampilan lembar kerja
  • Horisontal Scoll Bar = Berfungsi mengulir dari kiri dan kanan
  • Vertical Scoll Bar = Berfungsi mengulir dari atas ke bawah


B. Membuat File baru

         Klik Office Button --> New --> Blank Workbook --> Create
Langkah Membuat File baru dalam Microsoft Excel
      Langkah untuk membuat file baru adalah sebagai berikut:

  1. Klik Office button/ File
  2. Pilih New
  3. Klik Blank Workbook


C. Menyimpan file baru

        Klik Office Button --> Save atau (Ctrl + S) -->  Tentukan Lokasi Data -->  Beri nama file  -->  Save
Langkah Menyimpan file dalam Microsoft Excel

      Setelah mengentri data, langkah selanjutnya menyimpan file sebagai berikut:
  1. Klik Office button/ File
  2. Pilih Save As
  3. Klik Komputer (Posisi penyimpanan dalam perangkat komputer)
  4. Tentukan lokasi penyimpanan, Misalnya DATA D
  5. Isi File Name dengan Nama File Anda, Misalnya Nama_Latihan Awal
  6. Kemudian Klik Save


D. Membuka File

       Klik Office Button --> Open (Ctrl + O) --> Tentukan Lokasi Data file yang akan dicari 
        -->  Carnama file  --> Open
Langkah Membuka File Pada Microsoft Excel
File dapat dibuka kembali dengan cara sebagai berikut:
  1. Klik Office button/ File
  2. Pilih Open, Jika disebelah kanan muncul Recent workbook (untuk melihat kronologis data yang pernah anda buka)  silahkan klik. Apabila file tidak muncul Silahkan klik Komputer (jika file disimpan di komputer). Kemudian cari lokasi penyimpanan, Misalnya DATA D
  3. Kemudian double Klik File yang telah anda temukan


E. Menambah Tombol pada Quick Access Toolbar

        Klik Customize Quick Access Toolbar --> More Commands -->
        Choose commands from, Pilih All Commands -->
        Pilih Tool yang ingin ditambahkan --> Klik Add {tampilan muncul di For all document (default)} -->OK
Tampilan Excel Option untuk menambahkan tombol Quick Access
Ada saatnya anda membutuhkan tombol untuk mempercepat akses menuju perintah tertentu. untuk menambahkan tombol tersebut, langkah-langkahnya sebagai berikut:
  1. Klik tanda panah bawah kiri atas hingga muncul papan layar Quick Access toolbar
  2. Pilih more commands
  3. Pilih All Commands
  4. Pilih dan klik icon menu yang dibutuhkan
  5. Klik Add
  6. Tool yang ditambahkan muncul di for all documents (default)
  7. Klik OK

F. Menutup Lembar Kerja

       Klik Close (x) di pojok --> Yes / No menyimpan Dokumen, Cancel untuk membatalkan
Langkah menutup lembar kerja pada Microsoft Excel
Untuk menutup lembar kerja yang masih aktif, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Klik tanda ( x )/ Close yang terdapat pada sudut kanan atas
  2. Klik Save, agar pembaharuan file tersimpan dengan sempurna. Klik No jika tidak ingin menyimpan file
  3. Klik Cancel jika ingin membatalkan.

      Mengoperasikan program pengolah angka/ spreadsheet cukup mudah bukan? Jika sudah mulai lancar, anda bisa lanjut ke tahap selanjutnya yakni mengentri dan mengolah data.

sumber:https://www.materibelajarkita.com/2020/04/spreadsheet.html
Author : Win Go Era Comments : 0

20 Contoh Jasa Layanan Bank

20 Contoh Jasa Layanan Bank (Produk Perbankan Lengkap)

Jasa layanan dan produk produk perbankan merupakan kegiatan penunjang untuk melancarkan kegiatan menghimpun dan menyalurkan dana. Kegiatan ini sangat banyak memberikan keuntungan bagi bank dan nasabah, bahkan keuntungan bagi bank semakin besar karena kelengkapan fasilitas dan pelayanan yang dimiliki membuat banyak calon nasabah yang mau menggunakan jasa layanan bank ini.
Semakin lengkap jasa-jasa bank yang bisa dilayani oleh suatu bank maka akn semakin baik pula. Banyak langkah yang harus disiapkan seperti kesiapan bank dalam permodalan, menyiapkan SDM yang handal dan juga didukung dengan kecanggihan teknologinya.

A. Kegiatan Bank Umum dalam Menghimpun Dana (Funding)


Kegiatan ini dilakukan dengan menawarkan berbagai jenis simpanan. Jenis-jenis simpanan yang sering digunakan adalah:

1. Simpanan Giro (Demand Deposit)

Simpanan giro adalah simpanan pada bank yang penarikannya dapat dilakukan dengan menggunakan bilyet giro atau cek. Rekening giro biasa digunakan karena merupakan dana murah, sebab bunga yang diberikan kepada nasabah juga relatif rendah dibandingkan dengan simpanan lainnya.

2. Simpanan Tabungan (Saving Deposit)

Simpanan tabungan adalah simpanan pada bank, yang penarikannya sesuai dengan persyaratan bank. Bisa melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM), buku tabungan, kwitansi dan slip penarikan. Besarnya bunga tabungan tergantung kebijakan bank yang bersangkutan, namun biasanya lebih tinggi dari rekening giro.

3. Simpanan Deposito (Time Deposit)

Simpanan deposito adalah simpanan yang memiliki jangka waktu tertentu. Jadi, penarikan simpanan bisa dilakukan sesuai jangka waktu tersebut. Jenis deposito pun beragam,contohnya : deposito berjangka, sertifikat deposito dan deposit on call.

B. Menyalurkan Dana (Lending)


Jasa bank lainnya adalah kegiatan menyalurkan dana. Kegiatan ini adalah menjual dana yang telah dihimpun dari masyarakat. Penyaluran dana yang dilakukan oleh bank dilakukan dengan memberikan pinjaman kepada masyarakat yang dikenal dengan nama kredit.
Jenis-jenis kredit diantaranya :

1. Kredit Investasi

Kredit investasi adalah kredit yang diberikan kepada nasabah yang melakukan investasi atau penanaman modal. Contohnya: kredit membangun pabrik, membeli peralatan pabrik seperti mesin dan lainnya.

2. Kredit Konsumtif

Kredit konsumtif adalah kredit yang digunakan untuk keperluan pribadi. Contohnya kredit perumahan, kredit kendaraan bermotor dan lainnya.

3. Kredit Profesi

Kredit profesi adalah kredit yang diberikan kepada nasabah khusus, seperti dosen, dokter atau pengacara.

4. Kedit Modal Kerja

Kredit modal kerja adalah kredit yang digunakan nasabah untuk modal usaha. Kredit jenis ini biasanya hanya berjangka waktu pendek atau tidak lebih dari 1 (satu) tahun. Contohnya: kredit untuk membayar gaji karyawan, kredit membayar bahan baku dan kredit modal kerja lainnya.

5. Kredit Perdagangan

Kredit perdagangan adalah kredit yang diberikan kepada pedagang untuk mengembangkan kegiatan dagangnya. Contohnya adalah untuk membeli barang dagang kepada para supplier / agen.

6. Kredit Produktif

Kredi produktif adalah kredit berupa investasi modal kerja atau perdagangan. Artinya, kredit ini diberikan untuk diputar kembali sehingga pengembalian kredit adalah dari keuntungan hasil usaha yang dibiayai.

C. Jasa Layanan dan Produk Bank Lainnya


Beberapa praktiknya jasa-jasa bank yang ditawarkan meliputi:

1. Kiriman Uang (Transfer)

contoh jasa layanan bank transfer
Kiriman uang adalah jasa pengiriman uang lewat bank. Pengiriman uang dapat dilakukan pada bank yang sama atau pada bank yang berlainan. Pengiriman juga bisa dilakukan dengan tujuan dalam kota, luar kota atau luar negeri
Khusus pengiriman ke luar negeri harus melalui bank devisa. Kepada nasabah yang mengirim dikenalan biaya kirim yang besarnya tergantung kebijakan bank masing-masing. Pertimbangan pada umumnya, biaya kirim akan lebih mahal jika yang di transfer berbeda banknya.

2. Kliring (Clearing)

contoh jasa layanan bank cek
Kliring adalah penagihan warkat (surat berharga seperti cek dan bilyet giro) yang berasal dari dalam kota. Proses penagihan biasanya hanya membutukan waktu 1 (satu) hari saja. Besarnya biaya penagihan juga tergantung kebijakan bank yang bersangkutan.

3. Inkaso (Collection)

Inkaso adalah penagihan warkat (surat-surat berharga seperti cek, bilyet giro) yang berasal dari luar kota atau luar negeri. Proses penagihan inkaso biasanya membutuhkan waktu 1 (satu) minggu sampai 1 (satu) bulan, tergantung dari jarak lokasi penagihan. Biaya penagihan tergantung kebijakan kepada bank yang bersangkutan.

4. Safe Deposit Box

contoh jasa layanan bank safe deposit box
Safe Deposit Box adalah pelayanan jasa bank yang memberikan layanan penyewaan box (tempat) menyimpan barang-barang atau surat berharga milik nasabah suatu bank. Barang-barang berharga yang dititipkan dengan menggunakan safe deposit box akan aman dari bahaya pencurian atau kebakaran. Nasabah yang menggunakan jasa ini akan dikenakan biaya sewa yang jumlahnya tergantung kebijakan pihak bank.

5. Bank Card (Kartu kredit)

contoh jasa layanan bank kartu kredit
Bank card atau lebih populer dengan sebutan kartu kredit atau juga uang plastik adalah kartu yang dapat digunakan untuk mengambil uang tunai atau digunakan untuk membayar sejumlah barang yang dibeli biasanya pada supermarket. Nasabah yang menggunakan jasa layanan ini harus membayar iutan tahunan yang jumlahnya sesuai dengan perjanjian dengan pihak bank. Setiap pembelanjaan memiliki tenggang waktu pelunasan dan dikenakan bunga dari jumlah uang yang telah dibelanjakan apabila melewati waktu yang telah ditentukan.

6. Bank Notes

Bank noter adalah jasa penukaran valuta asing. Jadi, dalam jual beli bank notes, bank mengacu pada kurs (nilai tukar rupiah dengan mata uang asing).

7. Bank Garansi

Bank garansi adalah jaminan bank yang diberikan kepada nasabah guna membiayai suatu usaha. Dengan menggunakan jaminan bank ini, pengusaha mendapat fasilitas untuk melaksanakan kegiatan usahanya. Besarnya jaminan yang dikeluarkan oleh bank sebelumnya telah ditaksir terlebih dahulu dengan mengetahui kredibilitas dan prospek dari usaha nasabahnya.

8. Bank Draft

Bank draft adalah wesel yang dikeluarkan oleh bank kepada para nasabahnya. Wesel ini dapat diperjualbelikan oleh nasabah saat membutuhkan uang tunai.

9. Letter of Credit (L/C)

contoh jasa layanan bank letter of credit
Letter of Credit (L/C) adalah surat kredit yang diberikan bank kepada importir dan eksportir yang digunakan untuk melakukan pembayaran atas transaksi ekspor dan impor yang mereka lakukan.
Terdapat berbagai macam jenis L/C, jadi nasabah dapat memilih sesuai dengan kebutuhan nasabah.

10. Cek Wisata (Travellers Cheque)

Cek Wisata adalah alat yang dapat digunakan untuk pembayaran di berbagai lokasi wisata perbelanjaan atau hiburan. Contohnya hotel dan supermarket. Cek Wisata juga bisa digunakan sebagai hadiah kepada para relasinya.

11. Menerima setoran-setoran

Jenis layanan ini adalah yang paling sering dimanfaatkan oleh nasabah, keuntungannya adalah lebih praktis dan aman. Dalam hal ini bank membantu nasabah dalam rangka menampung setoran dari berbagai tempat diantaranya:
  1. Pembayaran pajak
  2. Pembayaran telepon
  3. Pembayaran air
  4. Pembayaran listrik
  5. Pembayaran uang kuliah

12. Melayani pembayaran-pembayaran

Sama halnya dengan menerima setoran, bank juga melayani pembayaran seperti yang diperintahkan oleh nasabanya seperti
  1. Membayar Gaji/Pensiun/honorarium
  2. Pembayaran deviden
  3. Pembayaran kupon
  4. Pembayaran bonus/hadiah

13. Bermain di dalam pasar modal

Bank juga berperan dalam berbagai kegiatan dipasar modal seperti bermain surat-surat berharga. Kegiatan tersebut diantaranya:
  1. Penjamin emisi (underwriter)
  2. Penjamin (guarantor)
  3. Wali amanat (trustee)
  4. Perantara perdagangan efek (pialang/broker)
  5. Pedagang efek (dealer)
  6. Perusahaan pengelola dana (invesment company)
Source : http://www.akuntansilengkap.com/akuntansi/20-contoh-jasa-layanan-bank-produk-perbankan-lengkap/
Author : Win Go Era Comments : 0

- Copyright © WINNER UP - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Cs-Qren -